Wednesday 12 June 2013

Danau Tondano, Danau Terluas di Sulawesi Utara

Salah satu tujuan wisata di Sulawesi Utara yang dapat dijadikan tempat  berlibur bersama keluarga adalah wisata di Danau Tondano. Danau ini, terletak di Kabupaten Mamasa dengan luas yang mencapai 42 kilometer persegi.

Saat Anda memutuskan untuk berlibur ke Sulawesi, sangat disayangkan jika Anda tidak melewatkan waktu berlibur Anda ke danau ini. Di kawasan wisata ini, Anda akan menemukan warga setempat yang sedang bertani dan berladang di tepian danau.

Bagi Anda yang tidak takut dengan ketinggian, Anda bisa mencoba menulusuri bukit kamintong. Dari atas bukit tersbeut, Anda para pengunjung dapat menikmati pemandangan dan panorama alam yang sungguh menakjubkan .

Menariknya, tak jauh dari pesisir danau, terdapat sebuah pulau yang dikenal dengan nama Pulau Fikri. Di pulau ini terdapat sebuah gazebo yang dibuat khusus untuk memanjakan wisatawan saat menyaksikan panorama alam di kawasan danau.

Di kawasan Danau Tondano ini juga sering dijadikan sebagai tempat menggelar pesta nelayan. Pesta ini disemarakan dengan dimunculkannya ratusan perahu boloto berwarna-warni di tengah danau. Pesta ini semakin ramai dengan beberapa kegiatan lomba menarik seperti parade perahu bolotu, lomba perahu  hias, lomba dayung, dan perlombaan menangkap ikan tanpa menggunakan alat.

Selain itu, di tempat ini para pengunjung juga dapat menjumpai objek wisata lainnya seperti Goa tikus takusa dan Semaru Endo yang keindahannya tak kalah jauh dengan Lembah Anai yang terdapat di Sumatera Barat.

Setiap tahunnya, di Danau Tondano juga diselenggarakan festival tahunan yang dimeriahkan dengan aksi tarian dan kebudayaan setempat, tepatnya di bulan November. Untuk berkunjung ke danau ini, Anda bisa bertolak dari Kota Tomohon  dengan waktu tempuh 3 km dalam waktu 1 jam perjalanan.


No comments:

Post a Comment