Tuesday 16 July 2013

Berenang Ditemani Paus Lincah Di Australia

Pada saat musim dingin di Great Barrier Reef, Australia, muncul sebuah fenomena unik yang luar biasa bagi para pencinta wisata bawah laut. 

Fenomena ini cuma terjadi ditempat ini, bahkan para cendekiawan pun tidak memahami gejalanya.

Pada musim dingin di Australia, yang bertepatan pada Juni dan Juli, sekitar 60 hingga 80 paus Dwarf Minke menampakkan diri di laut ini untuk berkembang biak, bermain-main, serta mencari makan. 

Paus yang memiliki ukuran sekitar delapan meter nampak cekatan dan gemar bermain-main.

Berbeda dengan paus pada umumnya, paus di perairan ini justru mencari manusia. Jika ada perenang yang menghampiri, bukannya takut, paus ini justru akan mendekat, bahkan terkadang Nampak hanya melambung di dekat perenang sembari memperhatikannya. 


Hingga kini hanya terdapat beberapa operator wisata di Queensland yang diperbolehkan membawa para pengunjung untuk menyaksikan fenomena yang menarik ini.

"Tidak dipungkiri lagi, ini merupakan fenomena alam liar yang tiada taranya," ungkap John Rumney, pengelola Eye to Eye Marine Encounters, salah seorang operator wisata yang diijinkan membawa pengunjung menyaksikan fenomena ini, seperti dilansir dari CNN.

Seorang peneliti Biologi Herold Prins mengungkapkan tidak pernah menyaksikan fenomena seperti ini sebelumnya. "Lumba-lumba memang juga bersikap lembut terhadap manusia, tetapi usai 10 menit biasanya Lumba-lumba akan bosan dan pergi berenang," ujarnya. 

"Tetapi , paus Dwarf Minke in sangat unik. Mereka tergolong paus yang manja, yang gemar bermain-main dengan manusia dengan waktu yang lama, tanpa ada keinginan untuk pergi," ungkapnya.

No comments:

Post a Comment