Thursday 13 June 2013

Pesona Keindahan Pulau Sangalaki, Kepulauan Derawan

Bagi Anda para pecinta diving, tak ada salahnya jika mencoba pengalaman menyelam di Kepulauan Derawan yang terletak di Berau, Kalimantan Timur. Pulau ini sudah sangat dikenal oleh para wisatawan sebagai pulau terbaik untuk kegiatan snorkeling dan menyelam, bahkan hampir sama dengan yang ada di Raja Ampat, Papua. 

Di pulau ini, para pengunjung akan merasakan kesejukkan hembusan angin, lembutnya pasir pantai, kejernihan air laut, dan rindangnya lambaian pohon kelapa yang akan melengkapi pengalaman menyelam dan berlibur Anda.

Kepulauan Derawan memiliki sebuah pulau bernama Pulau Sangalaki dengan keindahan bawah lautnya yang mempesona. Beberapa biota laut yang dapat Anda temukan saat menyelam di perairan ini adalah barracudas, cumi-cumi, bintang laut, pari manta, dan ikan pari.  

Pari Manta merupakan salah satu jenis hewan langka yang akan jarang Anda jumpai di perairan lainnya. Bahkan tak sedikit wisatawan yang berkunjung ke pulau ini hanya untuk melihat hewan-hewan unik ini.

Pulau Sangalaki memiliki titik menyelam yang sangat populer seperti Coral Gardens, Sandy Ridge, Sherwood Forest, Manta Avenue, Light House, Channel Entrance, Town, Manta Run, Manta Parade, Ridge, dan The Rockies.

Pulau ini juga dikenal oleh sebagian besar wisatawan dengan banyaknya penyu yang sedang bertelur. Bahkan di kawasan ini, para pengunjungnya dapat melihat proses kawin dan bertelur dari sejumlah penyu tersebut.

Pulau Salagaki merupakan sebuah pulau di Kepulauan Derawan yang masih sangat terjaga kelestariannya. Bagi wisatawan yang ingin berlibur ke pulau ini, Anda dapat menempuh perjalanan dari bandara Soekarno-Hatta menuju Bandara Sepingan, Balikpapan.

Setibanya di Bandara Sepingan, Anda perlu melanjutkan perjalanan kembali menuju Tanjung Redeb menggunakan pesawat Deraya. Setibanya di Tanjung Deraya, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Pulau Sangalaki menggunakan speed boat dengan waktu tempuh selama 8 hingga 9 jam.

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan pesawat Deraya menuju ibu kota kabupaten Berau, Tanjung Redeb. Deraya melayani penerbangan komuter dan sewaan. Selama perjalanan ini, Anda bisa melihat kehidupan masyarakat lokal di daerah pedalaman Kalimantan yang belum dipengaruhi oleh modernisasi. Bagi Anda yang ingin menginap di kawasan pulau ini, Anda bisa menginap di resort Sangalaki Dive Lodge yang menyiapkan fasilitas selam dan penginapan yang memadai.

1 comment:

  1. Alam indonesia indah yah, ga kalah dengan negara lain, semoga keindahan indonesia tetap terjaga.
    Salam kenal min ^_^

    ReplyDelete